Serba-Uniqe: 5 Daya Tarik Wisata di Maroko

Senin, 19 November 2012

5 Daya Tarik Wisata di Maroko


Maroko merupakan sebuah Negara di barat  laut Afrika dengan garis pantai yang panjang dekat Samudera Atlantik. Garis pantai tersebut melewati Selat Giblatar hingga ke Laut Tengah. Negara ini memiliki banyak julukan, seperti El Maghribi atau negeri tempat terbenamnya matahari, negeri seribu benteng, karena keunikan bangunan tradisional yang selalu dikelilingi benteng, baik di perkotaan maupun di pinggiran desa.
Sejarah panjangnya menjadi salah satu daya tarik Maroko bagi yang ingin mengenal lebih dalam Negara El Maghribi ini. Namun, selain sejarah, masih banyak keunikan lain dari Maroko yang bisa kita dalami saat singgah di Negara ini. Seperti yang akan spotlite tayangkan bagi pemirsa di rumah berikut ini.

1. Art Deco Casablanca
Keunikan dari Maroko yang tak boleh Anda lewatkan saat berada di sana, yakni menikmati kekaguman kota terbesar sekaligus pelabuhan terpenting, Casablanca. Kota ini menjadi pusat ekonomi dan budaya di Maroko. Tidak terlalu banyak gedung pencakar langit di kota ini. Sebaliknya Casablanca menyimpan banyak bangunan indah bergaya art deco.
Salah satunya Masjid Hassan II, walaupun sebenarnya masjid dibangun di era modern, tepatnya pada 1980 dan selesai 1993. Namun, keindahan masjid tersebut, terutama ketinggian menara yang mencapai 200 meter menjadikannya sebagai salah satu identitas di Maroko. Selain Masjid Hassan II, Katedral Sacre Coeur dan taman De La Ligue Arabe juga tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.
Menikmati art deco di Casablanca akan semakin lengkap dengan menggunakan taksi ala maroko yang disebut petit taxi. Uniknya kendaraan yang dipakai merupakan mobil-mobil tua. Bahkan saat mengantarkan penumpangnya, mobil tua ini tanpa dilengkapi AC. Bahkan saat Anda menggunakan jasa petit taxi jangan heran jika kendaraan ini akan menaikan penumpang lainnya, karena taxi di Casablanca tidak memakai argo. Untuk tarif bisa lebih murah, jika sepanjang perjalanan, banyak penumpang lain yang ada di taksi yang kita pergunakan.
Yang pasti, di Casablanca kita bisa menikmati segala hal yang berbau klasik. Selain bangunan art deco, juga taksi dengan kendaraan klasik, dan café-café dengan gaya zaman dulu juga sangat mudah dijumpai.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

2. Old Medina
Yang tak kalah unik dan tidak boleh dilupakan saat berada di Maroko, yakni Old Medina. Sebuah kota tua yang pernah menjadi ibu kota Maroko. Bahkan kota ini memiliki sejarah yang lebih panjang dari sejarah Negara Maroko sendiri. Old Medina pernah menjadi tempat perlindungan kaum muslim dan yahudi  yang terusir dari Andalusia dan Cordoba. Old Medina kemudian menjadi pusat budaya, pusat pendidikan, dan kini menjadi kota spiritual di Maroko.
Salah satu peninggalan paling berharga di Old Medina, yakni Universitas Al-Qarawiyyin yang dari penelusuran sejarah tercatat sebagai universitas tertua di dunia. Universitas masih menjalankan praktik perkuliahan  hingga kini.
Menelusuri Old Medina, kita akan dibawa ke masa lampau, seperti abad pertengahan, seperti pakaian djellaba yang dikenakan masyarakat di kota itu, hidangan dengan aroma bumbu kumin yang menjadi cirri khas makanan Maroko sejak dulu, alunan musik arab, barang-barang khas Maroko semuanya terhampar dalam nuansa zaman dulu.
Dan tentu yang lebih mengasyikkan menikmati suasana di Old Madina, yakni kita diajak menikmati wisata sejarah, naik sejarah Maroko itu sendiri, maupun sejarah perjalanan islam dan juga wisata pendidikan.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

3. Salju di Puncak Oukaimeden
Karena Maroko terletak di benua Afrika yang umumnya dikenal dengan daerah panas dan gersang, maka cukup mengherankan atau unik jika terdapat salju di Negara tersebut. Ya, ternyata di Maroko kita bisa menjumpai salju saat musim dingin tiba, tepatnya di pegunungan Oukaimeden. Bagi wisatawan yang datang dari daratan Eropa, menikmati suasana bersalju memang tidak asing. Namun, bagi wisatawan asal benua Asia dan Afrika, tentu saja keberadaan salju di puncak Oukaimeden cukup unik. Bahkan wisatawan yang datang memanfaatkannya untuk bermain salju.
Karena menjadi tempat potensial bagi kunjungan wisatawan, pihak pemerintah memfasilitasinya dengan cukup baik. Agar memudahkan wisatawan mencapai puncak Oukaimed, disediakan kereta gantung untuk mencapai puncaknya. Dengan segala kemudahan yang disediakan pihak pemerintah, maka tidak heran jika kunjungan wisatawan dari seluruh dunia semakin meningkat tiap tahunnya.
Keberadaan salju di beberapa puncak pegunungan, semakin melengkapi keunikan Maroko. Di Negara ini kita tidak hanya dipuaskan dengan keindahan gurun Sahara yang panas. Namun, juga bisa merasakan bagaimana dinginnya salju. Untuk menikmati salju di Maroko, khususnya di Oukaimeden, alangkah lebih baik datang pada akhir Januari hingga awal Februari.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Tutup


4. Kambing yang Unik
Selain keunikan beberapa tempat dan alamnya yang eksotis di Maroko, tidak dilengkapi dengan menyaksikan perilaku kambing asli di Negara tersebut. Perilaku uniknya kambing di Maroko, yakni pandai memanjat pohon. Kambing-kambing tersebut biasanya menaiki pohon argan, sejenis zaitun dan memakan biji dan buahnya.
Perilaku tersebut memang suatu perilaku alami, terutama saat kambing-kambing itu diserang rasa lapar yang tinggi. Perilaku lainnya dari kambing di Maroko sama dengan yang lainnya. Keunikan kambing bisa menaiki pohon menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Maroko. Padahal untuk yang satu ini, walaupun mendapat perhatian besar dari wisatawan di dunia. Pihak pemerintah Maroko tidak berniat membangun area khusus yang menampung kambing-kambing itu.
Bagi siapapun yang melihat perilaku unik ini akan merasa terkagum-kagum. Tapi sekaligus lucu, lantaran juga bisa dijumpai bagaimana perilaku kambing tersebut, seperti kambing itu beradu di alam terbuka tanpa ada komando dan yang menghentikan adu kekuatan itu.
Alangkah sangat disayangkan jika kita tengah berada di Maroko, kita tak menyaksikan parade kambing nekat dalam mencari makan tersebut.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

5. Aquadream (Akuarium Raksasa)
Keunikan terakhir dari Maroko, yakni adanya akuarium raksasa yang berisi 264.000 galon air di sebuah pusat perbelanjaan terkenal di pusat kota Casablanca. Dalam akuarium raksasa tersebut terdapat 3000 hewan laut yang bisa dinikmati oleh pengunjung mal itu. Dengan tinggi mencapai 9 meter, aquadream merupakan akuarium terbesar di dunia yang berada di sebuah pusat perbelanjaan. Tangki dari aquarium berbentuk kerucut tersebut seperti gelas minum.
Diameter tangki bagian bawah berukuran sekitar 12 meter, sementara diameter bagian atas mencapai 15 meter. Dalam aquarium raksasa tersebut terdapat mesin khusus untuk mengatur suhu air agar 3000 ikan yang ada bisa terjaga kondisinya. Selain itu mesin khusus itu bisa mengubah air tawar menjadi seperti air laut, dengan rasa asin yang khas. Untuk menghindari kematian missal dari ikan yang ada dalam akuarium, sistem penyaringan dilakukan setiap jam.
Ide ini dilakukan salah satu perusahaan asal Amerika Serikat, ICM, dengan tujuan menawarkan pengalaman menarik bagi para pengunjung sekaligus pendidikan yang menekankan pentingnya menjaga lautan. Akuarium tersebut dirancang antigempa, karena bantalan beton untuk kontruksi akuarium raksasa terpisah dengan bantalan mal tersebut.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video...Buka

Itulah tayangan beberapa hal menarik dari Maroko. Sungguh indah bukan ?. Nah, jika Anda memiliki waktu dan kesempatan berkunjung ke Maroko, ingat tayangan tadi, agar rencana berkeliling wisata di sana bisa menjadi lebih pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Text Widget

Add Logo Yamaha SEO Competition

Pages